cerita tentang pulau BAWEAN dan asal muasal nama BAWEAN


BAWEAN.
Bawean merupakan sebuah pulau kecil yang di kitari oleh pulau-pulau yang lebih kecil,sperti:pulau NOKO,pulau SELAYAR,GILI,NUSA,KARANGBILA,dan CINA.

pulau BAWEAN dihuni sekitar 68 ribu jiwa dengan mata pencaharian sebagian besar sebagai petani dan nelayan,dan sebagian lagi sebagai perantau,bahkan BAWEAN juga disebut sebagai pulau putri karna anak-anak muda BAWEAN terutamanya remaja laki-laki sangat suka merantau.

masayrakat BAWEAN tergabung dari berbagai suku bangsa seperti,MADURA,BUGIS,SULAWESI,PALEMBANG,BANJARMASIN,JAWA dan lain sebagainya.

EMANUEL SUBANGUN
,
wartawan Kompas Jakarta,beliau pada tahun 1967 datang ke bawean kemudian menulis di harian Kompas yang antara lain mengemukakan bahwa JAWA ditambah SUMATRA ditambah KALIMANTAN ditambah SULAWESI dan IRIAN samadengan BAWEAN,yang merupakan kristalisasi dari banyak suku bangsa di nusantara,hal ini dapat di ketahui dari peradapan,kebudayaan dan kesenian yang tersebar di BAWEAN.Dari segi bela diri misalnya:ada pencak,kunto,silat,gelut (gulat),tembung,tikpi,dan main pedang.Dari kesenian ada bermacam kesenian (walau saat ini sudah kurang diminati) antara lain jibul,samman,orkes melayu,zamrah,hadrah,kercengan,remo dll.

Pada mulanya pulau ini bernama "PULAU MEJETI" atau "PULAU MAJDI" yang berasal dari bahasa arab yang artinya uang logam,disebut demikian karna bentuk pulau BAWEAN bulat seperti uang logam,Tapi kenapa namanya berubah menjadi BAWEAN...??
Ceritanya demikan..

pada masa kerajaan MAJAPAHIT (salah satu kerajaan terbesar di nusantara) berada pada masa ke emasannya dia bermaksut untuk menyatukan nusantara,maka di kirimlah seluruh armadanya untuk berlayar menuju daerah yang nanjauh disana,ternyata dari sekian banyak armada laut yang di kirim ada yang mendapat kemalangan karna badai.

nama BAWEAN muncul pada abad ke 13,nama tersebut di berikan oleh salah satu prajurit MAJAPAHIT yang selamat dan tiba di perairan BAWEAN setelah kapalnya di hantam badai dahsyat di tengah lautan.para prajurit itu melihat sebuah pulau yang berlatarkan matahari terbit dari ufuk timur,dan karna kegirangan tampa sengaja terlontar kata BA-WE-AN yang berasal dari bahasa sangsekerta dari salah satu prajurit.
"BA"artinya Sinar
"WE"artinya Matahari
"AN"artinya Ada
yang bermaksud ''ADA SINAR MATAHARI'' (menurut manuskrip yang ada di Sangkapura nama BAWEAN bermakna ''MATAHARI TERBIT'')

Kini mereka tinggal di pulau yang baru mereka kenal dengan penuh kebahagiaan karna baru saja terselamat dari maut,dengan nama itulah mereka menyebut pulau itu BAWEAN yang lambat laun panggilan MAJETI atau MAJDI tidak terdengar lagi       
                                                                             
                   

Komentar

  1. halo kak.. ini sumbernya darimana saja yah? boleh share kah.. terima kasih :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita asal muasal Danau Kastoba di pulau BAWEAN

Kuburan sundel bolong (part 3)